Artikel

MENGAPA HARUS SISTEM INFORMASI DESA (SID) ?

06 Maret 2019 13:46:00  Usep Suhendar  193 Kali Dibaca  Berita Desa

Terlalu banyaknya aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah yang masuk ke desa desa secara terpisah pisah kadang kadang menjadi kendala terutama untuk bagian entri / operator yang secara bergantian harus membuka aplikasi tersebut secara terpisah, dan kemungkian besar operatornya juga akan berbeda beda orang untuk setiap aplikasinya sehingga membuat pekerjaan menjadi tidak efisien. Diskominfo Kabupaten Bandung bekerja sama dengan komunitas openSID  yang terdiri dari perangkat desa, pegiat desa dan pengguna openSID serta pengembang relawan dari komunitas openSID lebit lanjut ingin mengembangkan Aplikasi ini sebagai satu satunya aplikasi Administrasi Desa berbasis online yang sengaja dibuat untuk membantu petugas desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

Mengapa kita harus ke Sistem Informasi Desa (SID)  ?

SID yang sengaja dirancang supaya bisa lebih terbuka ( Open Source ) dan dapat dikembangkan untuk semua desa dengan hanya 1 Aplikasi saja yang sudah bisa memuat berbagai keperluan, dengan pengertian ini jelas Sistem Informasi Desa (SID) dipakai untuk berbagai macam aplikasi mulai dari pengolahan data kependudukan,siskeudes dan berbagai macam aplikasi lain yang tertuang dalam system SID.

Peran dan Manfaat SID

Berikut ini dijelaskan secara singkat di https://github.com/OpenSID/OpenSID  beberapa manfaat SID menurut pengertian di atas (tidak terbatas pada fitur yang ada di OpenSID saja).

  1. Kantor desa lebih efisien
    Misalnya, dengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.
  2. Kantor desa lebih efektif
    Sebagai contoh, karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.
  3. Pemerintah desa lebih transparan
    Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.
  4. Pemerintah desa lebih akuntabel
    Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.
  5. Layanan publik lebih baik
    Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.
  6. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
    Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.
  7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa
    Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Bayarlah Pajak Tepat Pada Waktunya Profil Desa dan Kelurahan
Kabupaten Bandung
Bappeda
Keuangan  Desa

Desa Cisondari "Fanspage"

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Arsip Artikel

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : JL.Cisondari No 191812
Desa : CISONDARI
Kecamatan : PASIRJAMBU
Kabupaten : BANDUNG
Kodepos : 40972
Telepon : 0225940000
Email : desacisondarimandiri@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:24
    Kemarin:113
    Total Pengunjung:60.157
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.212.116
    Browser:Tidak ditemukan